Pilih Makanan Cepat Saji?

08 Jul 19 | By KSM Salemba | Event . Umum
images

Pilih Makanan Cepat Saji?


Makanan cepat saji selalu banyak dipilih untuk dikonsumsi anak-anak dan remaja sepanjang tahun. Jika lapar, makanan jenis inilah yang akan menjadi nomor satu dalam daftar pencarian. Apalagi sekarang sangat mudah mendapatkan makanan, tidak perlu meninggalkan aktivitas untuk mendapatkannya.  Mereka bisa memilih makanan yang diinginkan dan memesannya lewat aplikasi. Cari-cari yang paling oke—harga murah, sehat, mengenyangkan, dan yang pasti sesuai selera. Bagaimana dengan dua jenis makanan yang masuk nominasi pilihan berikut ini?

Ternyata, banyak juga ya perbedaannya:

Menurut Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) No. 75 tahun 2017, kebutuhan kalori anak-anak dan remaja setiap harinya 2.575 kkal untuk laki-laki dan 2.125 kkal untuk perempuan. Jadi, tentu kita bisa memilih makanan apa yang paling tepat! Untuk harga, ayam crispy mungkin relatif lebih murah,  tetapi jika dilihat dari segi gizinya, burger lebih unggul. Nah, yang mana pilihanmu? Sebelum memilih, ada baiknya kamu perhatikan apakah makanan tersebut baik untuk kesehatan.  Syarat makanan baik dan menyehatkan antara lain—harus mudah dicerna, higienis, mengandung zat gizi yang cukup untuk keperluan tubuh, dan mengandung kalori sesuai kebutuhan tubuh. Keperluan zat gizi dan kalori dalam tubuh dipengaruhi oleh jenis kelamin, usia, berat, tinggi badan, aktivitas dan kondisi kesehatan yang sesuai.

Burger dan ayam crispy termasuk ke dalam kelompok makanan cepat saji. Makanan cepat saji cenderung lebih disukai banyak orang, termasuk anak-anak dan remaja, karena mudah didapatkan dan menawarkan banyak pilihan. Selain itu, mereka memilihnya karena pertimbangan waktu dan harga. Makanan cepat saji juga biasanya dijual di tempat-tempat nongkrong anak muda, seperti di mall-mall. Namun, para ibu biasanya cemas jika anaknya terlalu sering menyantap makanan cepat saji.  Mengapa? Jenis makanan yang satu ini mengandung lebih banyak nutrisi yang tidak diperlukan tubuh seperti garam, lemak jenuh, kolesterol, dan berbagai zat aditif. Selain itu, disinyalir ayam yang digunakan mengandung hormon tumbuh yang berbahaya bagi kesehatan.

 

Nah sekarang, jika saat makan siang tiba dan kalian memiliki tiga pilihan menu makanan di depan mata, seperti burger, ayam crispy, dan nasi capcay seafood, pasti tahu dong pilihan mana yang tepat? Selamat makan, ya!

 

 

 

Bagikan Link


Online - Perlu Bantuan?