PPDB 2019/2020: DKI Jakarta Tetap Gunakan Nilai UN

27 May 19 | By KSM Pondok Kelapa | Event . Umum
images

PPDB 2019/2020: DKI Jakarta Tetap Gunakan Nilai UN


Berdasarkan Keputusan Kepala Dinas (Kepdis) Pendidikan Provinsi DKI Jakarta No. 496 Tahun 2019, sistem seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) DKI Jakarta tahun ini tetap menggunakan nilai rata-rata US/M-BN (untuk calon peserta didik baru SMP Negeri) dan nilai rata-rata Ujian Nasional (UN) (untuk calon peserta didik baru SMA Negeri). Hal ini membuat Jakarta “sedikit berbeda” dibandingkan dengan daerah lain yang mengutamakan jarak dari rumah ke sekolah tanpa melihat nilai UN. 
Selain nilai UN, sistem seleksi PPDB SMP/SMA menggunakan urutan langkah: urutan pilihan sekolah, usia calon peserta didik baru, dan waktu mendaftar.
 

7 Jalur PPDB SMP/SMA
Untuk bisa masuk ke SMP/SMA negeri, PPDB DKI membuka tujuh jalur seleksi, yakni (1) jalur inklusi (anak kebutuhan khusus), anak panti, anak pemegang kartu pekerja, dan anak pengemudi Jaklingko; (2) jalur prestasi; (3) jalur zonasi (umum); (4) jalur zonasi (afirmasi); (5) jalur nonzonasi tahap 1 (umum); (6) jalur nonzonasi tahap 1 (afirmasi); (7) jalur nonzonasi tahap 2. Waktu pendaftaran tiap jalur tersebut berbeda-beda. 

Zonasi PPDB SMP/SMA Jakarta
Jalur zonasi di wilayah DKI Jakarta didasarkan kelurahan calon peserta didik baru. Tidak seperti tahun lalu, berdasarkan kecamatan. Untuk tahun ini, meskipun kecamatannya sama, antara kelurahan yang satu dengan yang lain bisa saja berbeda pilihan sekolah. Kelurahan Pondok Kelapa, misalnya, SMP yang dipilih berjumlah 20 sekolah, sedangkan SMA yang dapat dipilih berjumlah 13 sekolah.


Seleksi PPDB DKI Jakarta akan dilaksanakan secara daring di situs https://jakarta.siap-ppdb.com/. Untuk informasi mengenai zonasi (kelurahan lain) dan petunjuk teknis PPDB dapat dilihat dan diunduh pada situs tersebut.

Pantau Seleksi secara Langsung di KSM
Bagi para siswa KSM dan orangtuanya tidak perlu khawatir bila masih bingung dengan sistem PPDB terbaru ini. Mereka dapat berkonsultasi perihal PPDB di KSM. Selain itu, KSM juga menyiapkan ruang khusus untuk memantau seleksi PPDB SMP/SMA secara langsung.  

Nah, kalian dapat memperhatikan langkah-langkah yang telah diuraikan di atas, ya. Semoga sukses menuju SMP dan SMA favoritmu!

Bagikan Link


Online - Perlu Bantuan?