4 Cara Mudah Memperkaya Kosakata

22 Nov 19 | By KSM Pontianak | Event . Umum
images

4 Cara Mudah Memperkaya Kosakata


Kosakata (vocabulary) merupakan unsur penting dalam berbahasa, termasuk bahasa Inggris. Jika kamu ingin sukses mempelajarinya, sangat penting untuk memperkaya kosakata setiap saat. Kamu dapat melakukannya, baik melalui pembelajaran di sekolah maupun di lingkungan sekitar. Semakin banyak kosakata yang kamu kuasai maka akan semakin mudah bagimu untuk berkomunikasi. Sayangnya, sering terjadi kendala dalam upaya menambah perbendaharaan kosakata, seperti motivasi diri dan lemahnya daya ingat. Jangan patah semangat ya! Ikuti saja 4 (empat) cara mudah untuk memperkaya kosakata bahasa Inggris berikut ini, seperti dilansir dari www.enhancemyvocabulary.com.

 

1. Mulailah dari lingkungan sekitarmu
Dalam upaya meningkatkan perbendaharaan kosakata, kamu bisa memulai dengan menghafal kata-kata benda di rumahmu, kata kerja, dan kata sifat yang menyangkut dengan aktivitasmu sehari-hari. Lakukan ini dengan konsisten, maka akan menjadi sebuah kebiasaan. Jadi, kamu akan lebih mudah menghafal kosakata  di lingkungan yang lainnya, seperti di sekolah, kantor, atau tempat beraktivitas lainnya.

2. Bawa selalu kamus bersamamu
Bawalah kamus ke mana pun kamu pergi! Jangan sepelekan kebiasaan ini karena sangat bermanfaat untuk mencari arti dengan cepat dari kosakata yang baru kamu temui. Membawa kamus dalam bentuk buku mungkin dapat menyulitkan kamu meskipun banyak tersedia versi cetak mininya. Untungnya, kemajuan teknologi telah menghadirkan kamus digital dalam genggaman. Kamu bisa mengunduh aplikasi kamus yang banyak tersedia di gerai aplikasi ponselmu.

3. Pelajari satu kata sehari
Bagi kamu yang kesulitan untuk bisa banyak menghafal banyak kosakata dalam sehari, maka mempelajari satu kata sehari merupakan teknik belajar  yang sangat tepat. Contohnya, apabila kamu menemukan satu kosakata yang baru, segeralah cari arti kata dan cara pengucapannya, serta apa yang menjadi persamaan dan lawan katanya.

4. Gunakan kosakata yang kamu kuasai dalam percakapan
Mengunakan langsung kosakata yang kamu kuasai dalam komunikasi sehari-hari dapat membantumu mengingat bahkan menemukan kata-kata yang baru. Tidak perlu malu saat mempraktikkannya bersama orang lain. Tetaplah percaya diri dan mungkin saja lawan bicaramu juga akan terbiasa menggunakannya saat berbicara denganmu. Learning and sharing is fun!


Nah, kini kamu telah mengetahui empat cara mudah untuk memperkaya kosakata dalam berbahasa Inggris. Terapkan secara konsisten agar kamu sukses mendapatkan hasilnya dalam waktu singkat. Kelak, kamu akan menjadi seorang yang andal dalam kosakata. Hebat, kan? Selamat mencoba!
 

 

Bagikan Link


Online - Perlu Bantuan?