Webinar Mengenal Jurusan di PTN

09 Jul 20 | By KSM Salemba | Event . Umum
images

Webinar Mengenal Jurusan di PTN


Belum lama ini, KSM Salemba mengadakan seminar berbasis web (webinar) mengenal jurusan di perguruan tinggi negeri (PTN) dengan judul “Kepoin Jurusan SBMPTN 2020” melalui layanan komunikasi video, Google Meet. Webinar tersebut dilaksanakan selama dua hari berturut-turut—masing-masing untuk jurusan IPA dan IPS, yaitu pada Kamis-Jumat (2-3/7/2020). Acara ini bertujuan untuk memotivasi peserta dalam mempersiapkan diri sejak dini untuk memasuki PTN, terutama di tengah situasi pandemi Covid-19 yang tidak kunjung usai. 

 

Peserta Webinar

Peserta webinar terdiri dari siswa-siswa intern dan ekstern kelas 10, 11, dan 12 SMA. Beberapa peserta di antaranya ada yang berasal dari luar Jakarta. Mereka mendapatkan informasi tentang acara ini dari Instagram KSM Salemba. Peserta juga sangat antusias dalam mengikuti acara, terbukti dari banyaknya pertanyaan yang mereka ajukan ketika sesi tanya-jawab. 

Bagi siswa yang tidak bisa mengikuti acara ini karena terbatasnya kuota saat itu, KSM Salemba memberikan solusi dengan menyiarkan secara langsung melalui akun YouTube KSM Bimbel dan Facebook Bimbelksm Salemba. Untuk mereka yang ingin mengikuti siaran tundanya, juga dapat mengakses video-video tersebut melalui akun-akun di atas.

 

UTBK-SBMPTN 2020

Acara ini juga memberikan gambaran tentang sistem UTBK-SBMPTN 2020 karena masih banyak yang belum tahu perbedaan dua hal tersebut. Perbedaan jalur SNMPTN, SBMPTN, dan ujian mandiri pun dijelaskan secara singkat. Informasi tentang jenis soal juga dijelaskan. Para pengajar KSM Salemba membagikan beberapa tipe soal yang diujikan, seperti Kak Herdin yang memberikan beberapa contoh soal Pengetahuan Kuantitatif. Sementara Kak Sari membahas soal Bahasa Inggris dalam subtes Pengetahuan dan Pemahaman Umum. Antusiasme peserta juga tampak ketika pembahasan soal-soal tersebut.

 

Cerita Para Alumni
Para pembicara yang dihadirkan adalah dua kakak pengajar KSM Salemba, tujuh kakak alumni dari jurusan IPA, dan enam kakak alumni dari jurusan IPS. Selama dua hari tersebut, webinar dipandu oleh pembawa acara yang juga kakak pengajar—Kak Karyna dan Kak Izka, yang masing-masing memandu acara pengenalan jurusan IPA dan IPS. Para alumni yang diundang adalah mahasiswa-mahasiswi dari PTN ternama di Indonesia, seperti UI, ITB, UGM, dan UNPAD.

Banyak hal yang mereka ceritakan di webinar tersebut—tentang jurusan, alasan memilih jurusan, perjuangan untuk mendapatkan kursi di PTN, dan pengalaman ketika masih menjadi siswa di KSM Salemba, serta motivasi untuk mengejar impian. Tentu saja perjuangan mereka tidak mudah. Ada yang berjuang melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan ujian mandiri. 

Ada juga beberapa yang sudah tahu akan jurusan yang diminatinya, seperti Hasmaindah (mahasiswi Kedokteran UNPAD), Sahriza Ilenna (mahasiswi Akuntansi UI), dan Amanda Normanita (mahasiswi Ilmu Hukum UI). Mereka berjuang meraih kursi PTN dengan mempersiapkan diri sejak duduk di bangku kelas 10 SMA. 

Presentasi Amanda di webinar menarik perhatian para peserta karena berisi kumpulan quote favoritnya sebagai bagian dari motivasi. Ia juga menceritakan bahwa sempat mendaftar di bimbel lain ketika kenaikan kelas 11 SMA. Namun, ia mundur dari bimbel tersebut dan memilih melanjutkan di KSM Salemba. Menurutnya, keberhasilannya masuk UI adalah berkat bimbingan kakak-kakak pengajar di KSM. 

Alumni lainnya yang cukup menyita perhatian adalah Jilan Zahra, salah satu alumni yang diterima melalu jalur SNMPTN. Ketika kelas 9 SMP, Jilan merupakan peraih nilai UN SMP tertinggi tingkat nasional. Nilainya nyaris sempurna, yaitu 39,75. Meski demikian, ia terus memacu semangat belajarnya setelah masuk SMA sampai akhirnya diterima di Jurusan Ilmu Ekonomi UGM.

Quisha Azzy, mahasiswi Ilmu Komunikasi UI, merupakan salah satu alumni yang ditolak oleh SNMPTN. Namun, ia tidak putus asa dan terus berjuang dengan semakin rajin untuk diskusi tentang pelajaran di KSM Salemba. Akhirnya, perjuangannya membuahkan hasil. Ia diterima melalui jalur SBMPTN. 

Dari cerita para alumni itulah diharapkan para peserta dapat mempersiapkan diri mereka sejak dini karena untuk mendapatkan satu kursi di PTN tidak semudah yang dibayangkan. Butuh perjuangan dan tentunya doa kepada Tuhan yang Maha Esa.

 

Bersama KSM Bimbel 

Ketika para siswa ingin diterima melalui jalur SNMPTN, mereka harus bersiap diri dari kelas 10 SMA karena nilai rapor akan sangat menentukan. Bersama layanan KSM Bimbel, para siswa bisa memanfaatkan fasilitas diskusi untuk bertanya tentang soal atau materi yang tidak dimengerti. Ada juga Program Super Intensive SBMPTN KSM Bimbel yang akan membantu siswa lebih memahami soal-soal SBMPTN beberapa tahun terakhir. Berbagai kegiatan dan program unggulan KSM Bimbel selengkapnya dapat diakses melalui halaman resmi KSM Bimbel, https://www.ksmbimbel.com. 

 

Mimpi itu untuk diraih, bukan hanya untuk diimpikan. Oleh karena itu, KSM Bimbel siap membantu meraihnya. Mari bergabung bersama KSM Bimbel dan wujudkan cita-citamu! 

Bagikan Link


Online - Perlu Bantuan?