Tetap Belajar dari Rumah

07 Jul 20 | By KSM Jember | Event . Umum
images

Tetap Belajar dari Rumah


Tetap Belajar dari Rumah (BDR) merupakan keputusan yang telah dirilis pemerintah terkait pola pembelajaran pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah di tahun ajaran 2020/2021 untuk seluruh daerah di Indonesia yang berada di zona kuning, oranye, dan merah. Terdapat 94% peserta didik di sebaran zona ini yang harus tetap melanjutkan belajar dari rumah. Sementara 6% sisanya, yaitu peserta didik yang berada di zona hijau dipersilakan kembali belajar tatap muka dengan sejumlah ketentuan khusus. Mereka akan kembali melakukan kegiatan belajar mengajar tahun ajaran baru pada Senin (13/7) mendatang.

 

Patuhi Protokol Kesehatan

Dalam siaran pers melalui webinar pada Senin (15/6) lalu, Nadiem Makarim mengumumkan bahwa panduan penyelenggaraan pembelajaran pada tahun ajaran baru di masa pandemi ini merupakan hasil keputusan bersama empat kementerian—Kemendikbud, Kemenag, Kemenkes, dan Kemendagri, serta keterlibatan BNPB dan Komisi X DPR RI.

Nadiem menegaskan bahwa proses pengambilan keputusan dimulainya pembelajaran tatap muka bagi satuan pendidikan di kabupaten/kota yang berada di zona hijau harus dilakukan secara sangat ketat dengan beberapa persyaratan berikut.

- Keberadaan satuan pendidikan di zona hijau menjadi syarat pertama dan utama yang wajib dipenuhi bagi satuan pendidikan yang akan melaksanakan pembelajaran tatap muka.

- Jika Pemerintah Daerah atau Kantor Wilayah/Kantor Kementerian Agama setempat telah memberi izin.

- Jika satuan pendidikan sudah memenuhi semua daftar periksa dan siap melakukan pembelajaran tatap muka.

- Orang tua/wali murid telah menyetujui putra/putrinya melakukan pembelajaran tatap muka.   

Langkah-langkah tersebut dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus SARS-CoV-2. Penerapan protokol kesehatan secara ketat wajib dilakukan bagi sekolah dan lembaga pendidikan informal lainnya di wilayah zona hijau yang akan memulai pembelajaran tatap muka langsung.     

 

Kelas Online dan Onsite Sama Baiknya

Konsep belajar dari rumah ini tentunya tidak mudah dilakukan bagi para orang tua, misalnya untuk mengatur kedisiplinan belajar anak-anak. Program Tetap Belajar dari Rumah yang kembali dicanangkan pemerintah ini mendorong KSM Bimbel untuk terus berinovasi agar tetap dapat membantu para orang tua dalam membangun suasana belajar yang menyenangkan dan menjadikan anak untuk tetap aktif belajar meskipun hanya di rumah. Seperti dengan program kelas online KSM yang dilangsungkan secara live dan interactive, yang bisa menjadi cara untuk mengobati kerinduan anak-anak berinteraksi dalam belajar. Jadwal belajar KSM Bimbel yang teratur juga bisa membuat anak-anak untuk tetap bertanggung jawab dan dapat berdiskusi dengan kakak pengajar mereka sesuai kebutuhan materi sekolah. Di tengah pandemi ini, KSM Bimbel tetap dapat memenuhi kebutuhan belajar dan tetap dapat melayani siswa. Sementara bagi mereka yang memilih kelas onsite (tatap muka langsung), KSM Bimbel pun menerapkan sejumlah protokol kesehatan aturan new normal dan melakukan penyesuaian jumlah siswa di setiap jenis kelas yang ditawarkan. Jadi, baik kelas online maupun kelas onsite sama baiknya karena dilakukan dengan konsep yang sama, yaitu diajari, dibimbing, dan bebas bertanya langsung baik di kelas reguler maupun kelas webinar.

 

Yuk, terus tetap belajar dengan semangat karena kalian adalah generasi harapan bangsa!

 

 

 

Bagikan Link


Online - Perlu Bantuan?